Berikut Beberapa Kondisi yang Membutuhkan Fisioterapis ke Rumah

Kesehatan memang tidak boleh dianggap remeh. Anda perlu mengupayakannya agar kondisi tetap terjaga dengan baik. Saat tubuh mengalami kesulitan untuk melakukan fungsi geraknya, seperti ketika jatuh, cedera, dll, maka melakukan fisioterapi menjadi salah satu upaya yang perlu dilakukan. Mungkin sebagian besar orang menganggap jika fisioterapi hanya diperlukan untuk para lansia yang mengalami penyakit kronis saja. Namun sebenarnya banyak manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dengan fisioterapi.

Di dunia kedokteran, fisioterapi bukan hal yang asing lagi. Karena biasanya layanan fisioterapi sudah ada di rumah sakit – rumah sakit tertentu. Bahkan kini juga ada jasa fisioterapis ke rumah untuk kebutuhan melakukan perawatan fisioterapi. Bagi orang awam, fisioterapi biasanya diketahui hanya untuk mereka yang mengalami stroke dan kesulitan untuk bergerak atau berjalan. Namun ternyata, fisioterapi juga bisa dilakukan oleh mereka yang masih muda dan produktif. Seperti ketika mengalami tidak bisa menggerakkan tubuh dengan sempurna, leher kaku, pinggang terasa sakit, dll.

Melakukan perawatan fisioterapi bertujuan untuk membantu agar fungsi gerakan tubuh bisa kembali normal. Ada beberapa kondisi yang menjadi penanda jika seseorang membutuhkan perawatan fisioterapi untuk pemulihannya. Adapun kondisi yang dimaksud, antara lain:

1. Memiliki keseimbangan dan koordinasi tubuh yang buruk.

Saat merasakan tubuh memiliki kondisi keseimbangan dan koordinasi yang buruk, sebaiknya jangan dibiarkan saja. Dikhawatirkan hal ini akan semakin parah di masa mendatang. Jika Anda mengalami kondisi ini, maka fisioterapi bisa menjadi salah satu perawatan yang bisa dilakukan.

2. Merasakan nyeri yang tidak kunjung hilang.

Tak jarang kita merasakan nyeri pada punggung, leher, dan pinggang berupa tegang, pegal, otot yang tidak seimbang, dll. Jika Anda merasakan demikian, maka fisioterapi menjadi salah satu pemulihan yang bisa dilakukan.

3. Nyeri yang bertambah serius.

Jika Anda memiliki luka lama yang tidak kunjung sembuh atau hilang, atau mungkin rasa nyeri yang tak kunjung sembuh, maka fisioterapi bisa menjadi solusi. Karena fisioterapi dirancang untuk mengatasi masalah fisik yang baru terjadi maupun yang sudah lama terjadi.

4. Memiliki keterbatasan gerak.

Cedera ringan terkadang bisa mempengaruhi bagian tubuh yang lain. Sehingga memang tidak bisa dianggap remeh. Jika semisal Anda pernah mengalami patah tulang dan setelah berselang waktu yang lama masih juga susah bergerak, maka sudah saatnya Anda membutuhkan perawatan fisioterapi.

5. Merasakan nyeri pada bagian tubuh lain.

Biasanya area luka tidak selalu yang menjadi titik nyeri. Namun justru di bagian tubuh yang lain. Jika Anda merasakan sakit pada bagian tubuh, namun tidak bisa mengaitkannya dengan kejadian atau kecelakaan tertentu, mungkin saja memang ada keterkaitan rasa sakit tersebut dengan luka yang sebelumnya. Untuk kondisi ini, maka sebaiknya Anda melakukan perawatan fisioterapi.

6. Mengalami gangguan saraf.

Jika Anda mengalami kondisi yang berhubungan dengan neurologis atau saraf, maka cara penyembuhannya salah satunya dengan melakukan fisioterapi.

7. Mengalami gangguan tidur.

Gangguan susah tidur atau insomnia bisa terjadi karena beberapa faktor. Jika kondisi ini terjadi lantaran merasakan sakit atau gangguan pergerakan Anda, maka sudah saatnya Anda melakukan perawatan fisioterapi.

Itu tadi beberapa kondisi yang bisa menjadi pertanda bahwa tubuh memerlukan perawatan fisioterapi. Untuk mendapatkan perawatan fisioterapi, Anda bisa datang ke rumah sakit- rumah sakit yang memiliki layanan ini. Namun jika tidak memungkinkan berkunjung ke rumah sakit, bisa juga mengundang fisioterapis ke rumah. Karena saat ini banyak sekali layanan kesehatan online yang menawarkan perawatan fisioterapi untuk mengatasi kondisi, seperti pasca stroke, cedera tulang, cedera kepala, atau cedera akibat olahraga. Aido Health bisa menjadi rujukan bagi Anda yang membutuhkan pelayanan kesehatan berkualitas tanpa terbatas jarak dan waktu, karena bisa panggil ke rumah. Termasuk juga untuk Anda yang membutuhkan perawatan fisioterapi.