Segera Hubungi Jasa Service AC jika AC Anda Menunjukkan Ciri-ciri Berikut!

Sebagai alat elektronik, AC tidak luput dari kerusakan. Kerusakan AC bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti usia AC, komponen AC yang bermasalah, dan efek cuaca yang terlalu ekstrim.

AC digunakan hampir 24 jam dalam sehari, sehingga Anda tidak menyadari jika AC sudah menunjukkan tanda-tanda kerusakan. Berikut ini sejumlah ciri-ciri AC yang sedang mengalami kerusakan.

1. Udara yang dikeluarkan tidak dingin

Ciri pertama AC Anda bermasalah yakni suhu yang tidak lagi dingin. AC Anda yang semula mampu membuat udara menjadi lebih nyaman, saat ini tidak bekerja secara maksimal.

Udara di ruangan ber-AC tidak berbeda jauh dengan ruangan yang tidak terpasang AC. Hal tersebut bisa dipastikan bahwa AC dalam kondisi bermasalah. Anda harus segera menghubungi jasa service AC jika tidak ingin AC rusak semakin parah.

2. Lampu indikator menyala

Lampu indikator pada AC yang berkedip secara berulang merupakan salah satu indikator AC mengalami gangguan. Munculnya kedip ini dapat mengindikasikan terdapat komponen AC yang mengalami kerusakan.

Bagi Anda yang tidak berpengalaman, hindari untuk membongkar komponen AC sendiri. Anda bisa meminta bantuan dari teknisi berpengalaman agar AC tidak semakin rusak.

3. Naiknya tagihan listrik

Indikasi adanya gangguan pada AC selanjutnya yakni naiknya tagihan listrik. AC yang tidak bekerja dengan optimal akan membuat beban listrik meningkat. Dengan begitu, tagihan listrik bulanan Anda akan membengkak.

Agar tagihan listrik kembali normal, Anda bisa memeriksakan AC pada penyedia jasa service AC. Mempercayakan kepada teknisi berpengalam lebih aman daripada memeriksanya sendiri.

4. Freon mengalami kebocoran

AC yang sedang mengalami gangguan bisa dilihat dari munculnya minyak atau cairan mirip oli. Hal tersebut merupakan pertanda adanya kebocoran pada freon. Minyak atau cairan mirip oli tersebut akan muncul pada bagian yang bocor.

Jika terdapat komponen AC yang bocor bisa menyebabkan bau hangus dan udara AC menjadi panas. Agar AC kembali dingin dan bekerja secara optimal, Anda bisa segera mengisi ulang freon tersebut. Anda bisa meminta bantuan jasa service AC untuk mengisi ulang freon AC.

5. Mengeluarkan bau tidak sedap

Pada umumnya, AC tidak mengeluarkan bau yang signifikan. AC cenderung mengeluarkan bau khas udara dingin. Bau yang dikeluarkan AC juga tidak mengganggu aktivitas Anda sehari-hari saat AC dinyalakan.

Namun, apabila AC yang Anda miliki mulai mengeluarkan bau tidak sedap, Anda perlu khawatir. AC tersebut bisa jadi sedang mengalami gangguan. Bau yang dikeluarkan cenderung tidak sedap dan menyengat. Bau tersebut bisa menjadi indikasi adanya komponen seperti kabel maupun komponen lain yang terbakar.

Berbeda halnya apabila Anda mencium bau apek, bisa jadi terdapat jamur di bagian saluran udara maupun dalam unit AC.

Untuk mengatasi kerusakan lebih lanjut, Anda bisa melakukan pembersihan. Anda bisa mengecek komponen secara terperinci dan membersihkannya kembali. Namun, jika Anda tidak terbiasa dengan perangkat elektronik tersebut, maka Anda bisa memanfaatkan jasa service maupun cuci AC.

Terdapat banyak penyedia jasa service AC di kota besar seperti Medan. Penyedia jasa service AC Medan bisa Anda temukan secara mudah dengan bantuan Sejasa.com. Dengan platform tersebut, Anda bisa menemukan penyedia jasa service AC secara cepat dan tepat. AC Anda bisa ditangani dengan cepat dengan bantuan dari Sejasa.com.

Kunjungi Sejasa.com untuk berbagai jasa yang Anda butuhkan. Terdapat banyak pilihan jasa pada Sejasa.com, mulai dari service elektronik, jasa desain, tukang bangunan, dan berbagai jasa lainnya. Ingat jasa, ingat Sejasa!