Tidak Hanya Segar, Ini 5 Manfaat Jus Tomat untuk Kesehatan

Buah yang lazim digunakan untuk kebutuhan memasak yang satu ini memang cukup populer. Selain nikmat dikonsumsi secara langsung, tomat juga bisa diolah menjadi jus segar. Seperti halnya tomat, jus tomat juga memiliki kandungan yang sama manfaatnya. Kandungan tersebut di antaranya, vitamin B kompleks, vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, zat besi, fosfor, magnesium, potasium, klorin, sulfur, dan kandungan nutrisi lainnya.

Keistimewaan jus tomat lainnya tidak lain adalah adanya kandungan antioksidan seperti likopen dan karotenoid. Kedua kandungan ini tidak hanya baik untuk kesehatan, tapi juga untuk kecantikan. Nah, kira-kira apa saja manfaat mengonsumsi jus tomat? Tidak hanya segar, berikut ini adalah 10 manfaat jus tomat untuk kesehatan.

Manfaat jus tomat untuk kesehatan

1. Membuang racun-racun atau detoksifikasi

Gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat, tentu bisa berdampak pada kesehatan tubuh pemiliknya. Ditambah, polusi udara dari asap kendaraan dan produksi pabrik-pabrik besar bisa saja mengandung racun berbahaya bagi tubuh.

Tentu saja, apabila racun-racun ini dibiarkan bisa mengakibatkan penyakit berbahaya, seperti kanker. Nah, salah satu manfaat rutin mengonsumsi jus tomat yaitu sebagai detoksifikasi atau pembuang racun di dalam tubuh.

Kandungan klorin dan sulfur dalam jus tomat dapat meningkatkan fungsi hati dan ginjal dimana kedua organ tersebut berperan sebagai organ ekskresi utama. Dengan terjaganya fungsi kerja kedua organ tersebut, tentu membuat proses pembuangan racun-racun di dalam tubuh lebih efektif.

2. Menjaga kesehatan jantung

Jantung merupakan organ vital bagi makhluk hidup. Untuk itu, kesehatan jantung haruslah dijaga dengan sebaik-baiknya. Salah satunya caranya yaitu dengan menjaga sirkulasi darah agar tetap lancar. Sirkulasi darah bisa tersumbat karena tumpukan kolesterol dalam darah. Nah, salah satu manfaat jus tomat sendiri adalah dapat menurunkan tingkat kolesterol.

Kandungan serat dan niasin di dalamnya bisa memecah kolesterol LDL yang berpengaruh pada penurunan jumlah kolestrol tersebut. Apabila kadar kolesterol LDL tidak terjaga, risiko penyakit seperti stroke atau gangguan sistem kardiovaskuler lainnya bisa saja terjadi. Tidak hanya itu saja, vitamin B6 pada jus tomat juga berfungsi memecah homosistein yang apabila tidak ditanggulangi bisa berbahaya bagi arteri dan jantung.

3. Mencegah penyakit kanker

Tidak hanya jantung, penyakit berbahaya lainnya seperti kanker juga perlu diwaspadai. Menyambung manfaat jus tomat sebelumnya, kandungan antioksidan dalam jus tomat berperan aktif sebagai antikarsinogenik karena mampu mengeluarkan racun dan menangkal radikal bebas dalam tubuh.

Apabila hal itu dibiarkan dan tidak ditangani dengan serius, maka bisa memicu timbulnya sel-sel penyebab kanker, seperti kanker payudara, kanker serviks, kanker prostat, kanker paru-paru, dan jenis kanker lainnya.

4. Menjaga kesehatan tulang

Kesehatan tulang haruslah dijaga sejak usia dini agar saat tua nanti, tulang masih kokoh sehingga bisa tetap menunjang berbagai aktivitas. Apabila kebutuhan asupan tulang tidak tercukupi, gangguan penyakit seperti osteoporosis dan osteoarthritis bisa saja menyerang.

Nah, untuk menanggulangi masalah tersebut, tulang haruslah diberi asupan vitamin K yang terjaga. Asupan tersebut bisa kamu dapatkan dengan rutin mengonsumsi jus tomat. Tidak hanya menjaga, vitamin K juga berperan sebagai sintesis osteokalsin yang juga penting bagi tulang.

5. Meredakan peradangan

Rasa nyeri dan sakit akibat peradangan tertentu membuat kamu sulit beraktivitas. Salah satu cara meredakan masalah ini yaitu dengan mengonsumsi zat yang memiliki sifat antiinflamasi. Zat penting ini bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi jus tomat.

Ingin merasakan manfaat jus tomat ini? Kamu bisa bikin jus tomat di rumah dan beli bahan-bahannya di TaniHub. TaniHub merupakan tempat belanja sayur dan buah online terbaik saat ini. Produk yang dijual pun sangat beragam, selain tomat, di TaniHub juga menjual buah, sayur, bumbu, telur & unggas, kebutuhan masak hingga sembako.

Belanja di platform ini pun terbilang sangat mudah, cukup akses websitenya di https://TaniHub.comĀ  atau download aplikasinya di Play Store dan AppStore. Pesan produk yang Kamu inginkan, bayar dan tinggal tunggu #dirumahaja, kurir TaniHub akan langsung mengantarkannya.

Yuk, cek tomat segarnya sekarang!